• SMK NEGERI 1 PARINGIN
  • Bisa, Maju, Cerdas, Kreatif dan Bersahaja.
  • (0526) 2094-008
  • RSS
  • Pencarian

Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD Balangan Gelar Apel Siaga Batingsor

PARINGIN – Dalam rangka antisipasi musim hujan dan El Nino yang masih berlangsung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menggelar apel siaga Penanganan Batingsor (banjir, puting beliung, cuaca ekstrem dan tanah longsor).

Apel berlangsung di halaman Kantor Bupati Balangan, Rabu (27/12/2023) dan dihadiri Bupati Balangan, H. Abdul Hadi selaku inspektur upacara.

Dalam kesempatan ini, Bupati Abdul Hadi menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap bencana banjir.

”Banjir tidak harus karena curah hujan yang tinggi, tapi bisa juga disebabkan oleh daya resap lahan yang rendah dan sistem drainase yang tidak memadai,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa periode atau keteraturan La Nina dan El Nino yang terjadi dalam 5 atau 6 tahun tidak berlaku lagi.

Menurutnya, bencana banjir dan kekeringan bisa saja terjadi secara bersamaan, serta badai dan angin putih beliung bisa sering terjadi.

“Kita harus tetap stand by, jangan kurangi kesiagaan. Selain itu, SDM harus selalu disiapkan termasuk logistik, peralatan dan persiapan fasilitas layanan masyarakat,” ucap Abdul Hadi.

Dia akhir sambutannya, Abdul hadi mengingatkan kepada para petugas unsur Pemerintah, bahwa mereka adalah tangan Negara yang harus membantu masyarakat, salah satunya kepada masyarakat yang tertimpa bencana.

Diakhir kegiatan, Pemkab Balangan menyerahkan berbagai bantuan peralatan bencana alam, salah satunya mobil pemadam kebakaran untuk setiap Kecamatan yang diterima para camat.

Kalimantanlive.com/Kamil

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Program Balangan Unggul 1000 Sarjana Resmi Diluncurkan, Berikan Beasiswa Hingga S3

PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan resmi meluncurkan program beasiswa Balangan Unggul 1000 Sarjana pada pelaksanaan Puncak Hari Jadi Kabupaten Balangan ke- 21, Senin (29/4/2

02/05/2024 14:38 - Oleh Admin - Dilihat 149 kali
Marhaban ya Ramadhan

PARINGIN - Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Pada bulan ini, umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa dan memperingati wahyu pertama yang tur

16/03/2024 13:07 - Oleh Administrator - Dilihat 211 kali
Diikuti 115 Pelaku UMKM, Bupati Balangan Resmi Buka Pasar Ramadhan 1445 H

PARINGIN – Bupati Balangan, H Abdul Hadi membuka langsung Pasar Ramadhan 1445 H yang bertempat di sekitar Lapangan Sepak Bola Martasura, Paringin, Selasa (12/3/2024).  Pembu

12/03/2024 21:07 - Oleh Admin - Dilihat 223 kali
Proses Perencanaan Program Beasiswa Pengiriman 50 Sarjana ke Australia, Pemkab Balangan Datangi Kedubes Australia

PARINGIN - Bupati Balangan H Abdul Hadi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) dan Kep

04/03/2024 17:22 - Oleh Admin - Dilihat 317 kali
Bupati Abdul Hadi Jadi Pemateri di BPSDM Kemendagri, Bahas Best Practice Dalam Inovasi Kabupaten Balangan

PARINGIN - Bupati Balangan, H. Abdul Hadi mendapatkan kesempatan menjadi Tenaga Pengajar pada Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Strategi Pengembangan Inovasi Daerah Berbasis S

04/03/2024 17:17 - Oleh Admin - Dilihat 222 kali